Contoh Narrative Text Yang Bagus
Narrative text atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan teks naratif adalah sebuah sebuah teks yang terangkai dalam kalimat yang menggambarkan tentang suatu kejadian. Narrative text sering kali kita jumpai pada pementasan drama,  atau acara-acara sejenis.

Narrative text bertujuan untuk mendidik, mengarahkan dan memberikan sebuah gambaran yang disusun oleh penulis atau penggagas suatu cerita. Narrative text bisa ditulis dalam bahasa Indonesia dan juga bahasa lainnya, misalkan bahasa Inggris.

Narrative text sendiri memiliki sejumlah ciri. Beberapa ciri narrative text diantaranya adalah sebuah cerita masa lampau, dongeng, cerita legenda, ceritra misteri atau hal-hal yang sifatnya dibuat-buat untuk tujuan seni yang pada dasarnya tidak benar-benar pernah terjadi.

Berikut ini adalah beberapa contoh narrative text yang diharapkan berguna bagi Anda yang sedang membutuhkan contoh bentuk narrative text yang sebenarnya.

Contoh narrative text dalam bahasa Indonesia

"Sifat patuh seorang anak kepada perintah orangtua"

Pada suatu masa hiduplah seorang anak bernama Sulaiman disebuah tempat yang terpencil. Sulaiman adalah sosok anak berusia belasan tahun yang patuh pada perintah kedua orangtuanya. Apapun yang diperintahkan oleh kedua orangtuanya tidak pernah dia tolak meskipun perintah tersebut sebenarnya cukup berat bagi dia.

Pada suatu hari Sulaiman sedang sakit, dan Ibunya menyuruhnya untuk mencari rempah-rempah dihutan untuk dimasak. Meskipun sedang sakit, Sulaiman tetap menjalankan perintah orangtuanya. Berangkatlah Sulaiman menuju hutan untuk mencari rempah-rempah yang disebutkan Ibunya.

Setibanya dihutan, Sulaiman menjadi tidak berdaya. Badannya lemas, dan dia seperti hendak mau pingsan. Lalu datanglah seseorang yang kala itu kebtulan sedang berburu. Orang tersebut mendekati Sulaiman dan lantas memberikan pertolongan.

Sulaiman akhirnya dibawah kerumah. Setibanya dirumah kedua orngtua Sulaiman merasa sangat terkejut dengan raut wajah yang sangat ketakutan. Orangtua Sulaiman tidak menyadari bahwa anaknya tersebut sedang sakit. Ternyata, dalam kondisi apapun Sulaiman tetap bersedia menjalankan perintah orangtuanya, sekalipun dia sedang sakit.

Contoh narrative text dalam bahasa Inggris

"The great manager as a leader"

Jonathan was the kind of man you love to hate. He was always in a nice mood and always had something positive to talk.

When someone would ask him how he was doing, he would say, "if I were any better, I would be twins." He was a different manager because he had few waiters who had followed him around from restaurant to restaurant.

The reason the waiters followed Jonathan was because of his attitude. He was a natural motivator. If an employee was having a bad day, Jonathan was there telling the employee how to look on the positive side of the situation and condition.

Demikian artikel contoh narrative text dalam bahas Inggris dan narrative text dalam bahasa Indonesia, semoga bermanfaat bagi pembaca. Anda juga dapat membaca contoh artikel pendidikan lainnya, seperti contoh pidato singkat tentang pendidikan, tips mengatasi sifat pemalu, atau contoh artikel cinta. Demikian, semoga dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi yang berguna.

Sumber: http://www.teksnaskahdrama.com/2013/12/contoh-narrative-text-yang-bagus.html

Artikel Terkait:

0 comments :

Post a Comment